Friday, November 20, 2009

Artificial Intelligence

Kecerdasan Buatan (bahasa Inggris: Artificial Intelligence atau AI) didefinisikan sebagai kecerdasan yang ditunjukkan oleh suatu entitas buatan. Sistem seperti ini umumnya dianggap komputer. Kecerdasan diciptakan dan dimasukkan ke dalam suatu mesin (komputer) agar dapat melakukan pekerjaan seperti yang dapat dilakukan manusia.

Beberapa macam bidang yang menggunakan kecerdasan buatan antara lain sistem pakar, permainan komputer (games), logika, jaringan syaraf tiruan, dan robotika.
Banyak hal yang kelihatannya sulit untuk kecerdasan manusia, tetapi untuk Informatika relatif tidak bermasalah. Seperti contoh: mentransformasikan persamaan, menyelesaikan persamaan integral, membuat permainan catur atau Backgammon. Di sisi lain, hal yang bagi manusia kelihatannya menuntut sedikit kecerdasan, sampai sekarang masih sulit untuk direalisasikan dalam Informatika. Seperti contoh: Pengenalan Obyek/Muka, bermain sepak bola.


Manfaat AI dalam kehidupan manusia :

AI dalam kehidupan mempunyai banyak manfaat, dengan adanya AI banyak hal yang bisa dilakukan manusia, seperti pengiriman robot ke tempat di mana manusia tidak mampu menjangkau, menolong manusia dalam melakukan pekerjaannya, Satelit adalah salah satu bentuk perwujudan AI yang mampu membantu manusia dalam banyak hal, pertahanan, komunikasi, dan masih banyak hal lainnya, selain itu AI juda bisa menjadi hiburan bagi manusia, Game adalah salah satu contoh AI.


salah satu contoh bentuk Kecerdasan buatan adalah ASIMO (Advanced Step in Innovative Mobility)

ASIMO adalah robot manusia yang diciptakan oleh HONDA dengan tinggi 130 Cm dan Berat 54 Kg. Bentuk Asimo mirip dengan seorang astronot yang mengenakan tas punggung. Berikut adalah spesifikasi asimo



Dan Berikut adalah Videonya

Gambar Asimo :

No comments:

Post a Comment